Saturday, September 16, 2017

Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Secara Tradisional Menggunakan Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072610_14.jpg

1.Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang harus di sterilkan adalah media air terlebih dulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, lakukan penaburan dengan rata. Tujuannya agar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan besar. Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem di area tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, gesit dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar ditiap 1 minggu sekali adalah hal yang harus, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter hingga panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang sulit moulting dipastikan ada hal yang salah di area tambak. Masalahnya ini harus dicari. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya enggan untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya di Indonesia ingin hasil instan. Faktor udang tidak moulting karena kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tebarkan ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu perih kalau terkena luka, perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?Udang bisa stress

dikarenakan banyak factor, seperti misalnya adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya adalah kalau tutup botol sedikit di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Jika udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusinya dengan cara taburkan Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan lagi pupuk yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penebaran pupuk yaotp 1 liter/hektar secara terus menerus setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu pekan dikarenakan akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, karena di dalam lument sapi ada banyak mikroba yg berguna untuk tanah dan dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu tebarkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan selama 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut akan terasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Maka dari itu saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak lebih baik ditabur yatop terlebih dahulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini sudah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang telah di tabur Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat peristiwa seperti itu maka solusinya Taburkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang akan cerah, daging kenyal, dan rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

Author Profile

About Unknown

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Secara Tradisional Menggunakan Pupuk Yatop

Post a Comment

Back To Top