Friday, September 15, 2017

Solusi Budidaya Udang {Vaneme|Vanamei Secara Tradisional Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072545.jpg

1.Cara merawat udang vaname tidak terserang berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu nomor satu, pertama yang wajib di sterilkan yakni Air terlebih dahulu. Tebarkan Pupuk 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan cara dikombinasikan air, usahakan penaburan dengan rata. Hal ini bertujuan biar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan nyaman berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan besar. Usahakan ditiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang tumbuh subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani malas untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya kita ingin instan. Penyebab udang tidak moulting karena kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu sedikit perih jika kena luka, rasa perihnya itu dalam hitungan detik atau menit, apabila kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang stress/teller

dikarenakan banyak factor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya yakni jika tutup botol di buka kemudian ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Apabila udang stress/teller dan naik ke atas maka solusinya dengan cara menaburkan Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka tebarkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penebaran yatop 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 minggu sekali. Jangan sampai lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, dikarenakan di dalam lument sapi banyak mikroba yg berguna untuk tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Indonesia. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama-lama air tadi berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Makanya saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal tersebut sudah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di berikan pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang telah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpgUntuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

Author Profile

About Unknown

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Solusi Budidaya Udang {Vaneme|Vanamei Secara Tradisional Memakai Pupuk Yatop

Post a Comment

Back To Top